Senin, 05 Juli 2010

Membuat Laporan di Vb 6.0 dengan Data Report


Setelah sebelumnya kita telah pelajari dan praktekkan dasar - dasar visual basic, database  dengan mysql dan pemrograman  database  serta  perintah SQL dalam database.  Kini saatnya kita  membuat laporan  untuk database yang  sudah  pernah  kita  buat sebelumnya  (Database  :  pengajaran).  Pada  pembahasan  kali  ini kita akan  bahas  dan praktekkan cara membuat laporan sederhana menggunakan Data Report dan Data Environment yang sudah terintegrasi langsung pada  Visual Basic.  Semoga artikel ini bermanfaat  bagi yang  sudah  tidak sabar  ingin  mencoba  membuat laporan agar dapat dicetak di kertas sesegera mungkin.
Laporan
Salah  satu  komponen  penting  dalam  pengolahan  database  adalah  membuat laporan/ report . Sebuah laporan tidak  hanya dapat ditampilkan dalam  bentuk tampilan layar(soft copy) tetapi juga harus dapat dicetak kedalam media output lain, seperti kertas hard copy. Ada banyak program aplikasi yang dapat membantu kita dalam pembuatan laporan  seperti Crystal  Report,  Quick  Report,  dsb. Namun  sebenarnya  dalam Visual BASIC  telah  disediakan  komponen  untuk  pembuatan  laporan  pada  program,  yaitu komponen Data Report . Komponen Data Report digunakan untuk mendesain tampilan laporan,  sedangkan  untuk  sumber  datanya  data  report  membutuhkan  komponen pengakses database, yaitu Data Environment.

1.  Menampilkan Pilihan Data Report dan Data Environment
Walaupun  pada  awal  instalasi  Visual  BASIC,  komponen  Data  Report  dan  Data Environment telah diikutsertakan, namun ada kalanya kedua komponen ini belum ditampilkan  secara  otomatis  pada  menu  project.

Untuk Selengkapnya silahkan KLIK diSINI, untuk Download 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar